Selasa, 12 Mei 2015

SDN 4 Krandegan Juara Lomba Dokter Kecil 2015

Ivana Carissa Al Malika dari SD Negeri 4 Krandegan, Kecamatan Banjarnegara berhasil merebut juara I Lomba Dokter Kecil yang berlangsung di aula UPT. Dinas Pendidikan, Pemuda  dan Olahraga (Dindikpora) Kecamatan Banjarnegara siang tadi (12 Mei 2015).
Keberhasilan Caca, demikian panggilan akrabnya ditoreh melalui dua tahapan lomba, yaitu tahap babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan siswa kelas V itu berhasil unggul begitu pula pada babak final.
Dalam lomba tersebut semua peserta yang berjumlah 41 siswa yang berasal dari 41 sd baik negeri maupun swasta, diwajibkan mengikuti semua tahapan yang telah ditentukan panitia, meliputi tes tertulis dengan seratus soal, kemudian tes kesehatan, serta pembuatan makalah sekaligus di presentasikan.
Ketua panitia lomba Achmadun, S.Pd. mengatakan, bahwa lomba Dokter Kecil ini adalah kegiatan rutin tahunan, yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta perubahan sikap perilaku siswa terhadap masalah kesehatan.
Dikatakan, kegiatan seperti ini juga dapat dijadikan sebagai ajang evaluasi terhadap keberhasilan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dibina oleh Puskesmas. Melalui lomba ini pula akan tercermin seberapa besar keberhasilan pembinaan UKS di sekolah sehingga mampu merubah sikap perilaku siswa dalam menerapkan perilaku hidup sehat dan bersiih, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan kehidupan sehari-hari.
Dengan adanya lomba Dokter Kecil, diharapkan akan memotivasi dan memacu siswa yang lainnya untuk menjadi kader kesehatan yang dapat membantu pelaksanaan program UKS di sekolah sehingga tercipta sekolah sehat, peserta didik yang sehat, cerdas, kretaif dan berakhlak mulia.
Untuk juara II lomba dokter kecil yaitu peserta dari SD Negeri 1 Krandegan, sedangkan juara III diraih SD Muhammadiyah IV Banjarnegara. Kepada para juara diberikan penghargaan berupa piala dari panitia, sedangkan untuk juara I berhak atas piala bergilir sekaligus mewakili Kecamatan Banjarnegara untuk mengikuti lomba yang sama di Tingkat Kabupaten Banjarnegara pada tanggal 26 Mei mendatang. (amb)