Kamis, 27 Februari 2014

Barung Tergiat Pesta Siaga SDN 2 Merden Maju ke Binwil Banyumas


Barung putra dari SD Negeri 2 Merden, Kec. Purwonegoro berhasil menjadi regu paling tergiat pada kegiatan rutin tahunan berupa Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Banjarnegara. Begitu pula untuk regu putri dari Sekolah yang sama nampaknya juga tak mau kalah untuk menjadi sang juara.
Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Banjarnegara yang dipusatkan di Sanggar Pramuka Kabupaten Banjarnegara siang tadi (27 Februari 2014) dibuka oleh Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Banjarnegara H. Syamsudin, S.Pd. M.Pd. Kecuali segenap anggota Pengurus Kwarcab, kegiatan rutin tahunan itu juga dihadiri oleh para Kepala Dinas/SKPD dan Ka Mabiran se Kabupaten Banjarnegara.
Sugeng Wiyono, S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya tujuan dari pada kegiatan Pesta Siaga adalah sebagai wahana latihan bagi perindukan atau barung tergiat dari masing-masing Kwartir Ranting untuk mengadakan tukar-menukar pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan antar sesama anggota Pramuka.
Menurut Sugeng Wiyono, melalui kegiatan Pesta Siaga secara tidak langsung setiap anggota Pramuka akan memperoleh bimbingan tentang keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan, sikap mental yang kuat, memiliki moral yang tinggi, berkepribadian serta berwatak dan berbudi pekerti luhur. Beberapa taman digelar pada kegiatan itu, seperti taman ketaqwaan, semangat barung, kepribadian, pengetahuan umum, simpul, kompas, estafet bola serta parade puisi dan geguritan.
Adapun perolehan barung tergiat secara lengkap adalah sebagai berikut; Untuk Barung tergiat II putra SD Negeri 1 Karangkobar, Kecamatan Karangkobar, sedangkan tergiat III diraih SD Negeri 1 Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu. Sementara untuk juara II putri regu dari SD Negeri 1 Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, adapun tergiat III putri yaitu SD Negeri 1 Krandegan.
Bagi Barung tergiat baik putra maupun putri diberikan piala dari panitia yang disampaikan oleh Wakil Bupati Banjarnegara Drs. H. Hadi Supeno, M.Si. Dengan demikian, SD Negeri 2 Merden, Kecamatan Purwonegoro, SD Negeri 1 Kalilunjar dan SD Negeri 1 Karangkobar berhak mewakili Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Banjarnegara untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga Tingkat Binwil Banyumas dalam waktu dekat ini. (s.bag)

Berita terkait lainnya