Rabu, 28 Januari 2015

Guru SDN 4 Krandegan Menggunakan Pakaian Adat

Kamis 29 Januari 2015 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara merupakan hari yang cukup istimewa. Dikatakan demikian karena PNS di Kota Dawet Ayu itu hampir semuanya menggunakan pakaian adat.


Tak ketinggalan dengan PNS lain, guru-guru di lingkungan SD Negeri 4 Krandegan semua termasuk guru olah raga juga menggunakan pakaian adat dengan ciri khas ungu dan kain dengan motif Garuda. Ada yang sedikit lucu dalam tampilannya, karena ada yang tetap menggunakan sepatu seperti hari-hari biasa. Ada juga yang baru menggunakan blangkonnya saja karena bajunya belum jadi, bahkan Mali yang guru olah raga juga menggunakan sepatu olah raga karena selop yang dipesan belum jadi juga.
Hari ini adalah hari pertama semua PNS menggunakan pakaian adat, ini merupakan upaya pemerintah dalam soal pendidikan karakter, melestarikan budaya bangsa, serta meningkatkan profesionalisme kerja tanpa meninggalkan sopan santun, ucap Kepala SDN 4 Krandegan Yoeni Ambarwati.
Pakaian adat yang digunakan adalah pakaian keseharian, maka kelengkapan tanda PNS semuanya terpasang untuk tetap menjalankan tugasnya masing-masing seperti hari-hari biasa. Pakaian itu akan terus dipakai pada setiap hari Kamis minggu terakhir.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga telah memberlakukan penggunaan Bahasa Jawa pada setiap hari Kamis.
Penggunaan Bahasa Jawa yang memiliki tingkatan, mulai dari ngoko, kromo biasa, hingga kromo inggil mengajarkan kita tentang adab dan sopan-santun dalam menjalin hubungan dengan orang yang lebih tua dan sebaliknya. (s.bag)
Guru SD Negeri 4 Krandegan dengan Pakaian Adatnya

Tulisan Terkait Klik Disini