Senin, 27 Juli 2015

Jadikan Sekolah sebagai Taman

Hari ini, Senin 27 Juli 2015 bagi dunia pendidikan adalah hari pertama masuk sekolah untuk tahun ajaran 2015/2016, karenanya boleh juga disebut sebagai hari yang istimewa. Pada hari itu pula, semua siswa dan guru berkumpul dan berbaris secara rapi di halaman sekolah untuk melaksanakan upacara Senin pagi.
Pagi itu, kiranya bukan sekedar berkumpul di halaman atau di lapangan. Berkumpulnya para siswa di pagi itu mengirim pesan bahwa para siswa yang berbaris rapi adalah barisan besar anak bangsa yang sedang bergerak bersama mendorong kemajuan dan menyongsong masa depan gemilang untuk negeri tercinta ini.
Hal yang sama pagi tadi juga berlangsung di halaman SD Negeri 4 Krandegan, UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara yang dilanjutkan
dengan kegiatan Halal Bihalal. Tak ketinggalan wali murid siswa baru secara berkelompok ikut mendampingi anaknya.
Kepala sekolah Yoeni Ambarwati selaku pembina upacara membacakan sambutan tertulis Mendikbud yang mengharapkan kepada para siswa pentingnya menciptakan “semangat Belajar yang Sungguh-sungguh”. Disamping itu, pada hari yang istimewa ini merupakan saat yang tepat untuk memulai babak baru bagi para pendidik untuk bisa menjadikan sekolah sebagai ”Taman”. Ini membutuhkan peran semua pihak, katanya.
Dikatakan, budaya baik berupa pembiasaan ekosistem pendidikan yang penuh tantangan tapi menyenangkan bagi semua warganya itu diharapkan bisa membentuk
“Budi Pekerti” yang baik, tidak saja bagi semua siswa, tapi juga bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Harapan seperti itu bisa tercapai manakala elemen yang ada di sekolah seperti Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan termasuk orang tua siswa bisa memberikan contoh baik yang dilakukan secara rutin sebagai upaya untuk membentuk anak bangsa yang kokoh.
Dalam kesempatan itu kepala sekolah menyampaikan paparan tentang prestasi yang diraih lembaga pendidikan itu dalam tahun pelajaran 2014/2015 dengan harapan agar prestasi yang mengukir nama baik SDN 4 Krandegan bisa dipertahankan dalam satu tahun ke depan. Selesai upacara dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal yang ditandai dengan saling berjabatan tangan. (s.bag)