Minggu, 14 Februari 2016

SDN 4 Krandegan Barung Tergiat Putra Pesta Siaga 2016

Barung Putra dari Gudep SD Negeri 4 Krandegan, Banjarnegara berhasil menjadi regu tergiat pada kegiatan Pesta Siaga 2016 yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Banjarnegara Sabtu siang 13 Pebruari 2016 di halaman SDN 1 Sokanandi dan lapangan SMPN 2 Banjarnegara. Sedangkan juara tergiat II diraih Gudep dari SDN 1 Krandegan dan tergiat III juga diraih dari SDN 4 Krandegan.
Sementara untuk kategori peserta putri keluar sebagai juara tergiat I adalah Gudep dari SDN 4 Sokanandi, tergiat II SDN 1 Krandegan, sedangkan tergiat III yaitu Gudep dari MI Wijaya Kusuma Parakancanggah.
Dengan demikian Gudep dari SDN 4 Krandegan dan Gudep dari SDN 4 Sokanandi berhak mewakili Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Banjarnegara maju ke lomba Tingkat Kwarcab Banjarnegara pada tanggal 29 Pebruari 2016 di Mertasari, Purwonegoro.
Ketua Gerakan Pramuka Kwarran Banjarnegara Heri Nurwantoro, S.Pd selaku ketua penitia penyelenggara mengatakan, Pesta Siaga yang diikuti oleh 73 Barung terdiri dari 35 Barung putra dan 38 Barung putri, adalah dalam rangka membina dan meningkatkan kekeluargaan serta persaudaraan diantara anggota Pramuka Siaga.
Disamping itu, kegiatan yang melibatkan 730 siswa usia 7 – 10 tahun, juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan anggota pramuka serta sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan Pramuka Siaga di Kecamatan Banjarnegara.
Heri Nurwantoro selanjutnya menjelakan, bahwa materi yang dilombakan pada umumnya menitik beratkan pada segi kebersamaan, kekeluargaan, kemasyarakatan dan kegembiraan pada anggota Pramuka Siaga, kemudian bumbung kemanuiaan, geguritan, PBB, semangat barung, seni budaya dan ketaqwaan.
Kepala UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd. M.Pd selaku Mabiran dalam sambutannya ketika menutup kegiatan itu mengatakan, kegiatan rutin tahunan ini banyak hal yang patut untuk dijadikan sebagai pengalaman guna lebih dikembangkan lagi di waktu-waktu mendatang baik dari segi kwantitas maupun kwalitasnya.
Dalam kesempatan itu pula Trisno menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Pembina Pramuka disertai harapan agar bisa lebih ditingkatkan lagi dalam pembinaannya sebagai upaya mencerdaskan kehidupan anak didik kita, sehingga pada gilirannya nanti bisa menjadi anak-anak bangsa yang cerdas, kreatif, mandiri dan berbudaya. (s.bag)

Foto-foto kegiatan Pesta Siaga Klik Disini: